Tentang Kami

PT Abadi Tambah Mulia Internasional

PT. Abadi Tambah Mulia Internasional (ATMi) adalah Penyedia Jaringan ATM Independen di Indonesia yang didukung oleh Seven Bank Ltd., Jepang dan PT ALTO Network.

Misi Perusahaan

Menyediakan akses keuangan yang dekat dan terpercaya bagi masyarakat

Visi Perusahaan

Menjadi Penyedia Jaringan ATM Independen terbesar, terhandal dan terpercaya di Indonesia

Nilai-nilai Perusahaan

Menjadi Perusahaan yang dipercaya oleh nasabah, pemegang saham, mitra, masyarakat dan karyawan

Pernyataan Manajemen

1. Kami bercita-cita untuk menjadi penyedia jasa keuangan terpercaya yang sepenuhnya memenuhi kebutuhan pelanggan.

2. Kami bertindak segera untuk memperkenalkan manfaat dari hasil inovasi teknis dan pengembangan diri secara berkesinambungan.

3. Kami bekerja keras dalam memberikan kontribusi nyata bagi stabilitas dan kemajuan sistem keuangan dengan menyediakan struktur pembayaran yang aman dan efisien.

Sejarah Perusahaan

PT. Abadi Tambah Mulia Internasional (ATMi) merupakan perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing) yang telah mendapatkan Izin Prinsip PMA dari BKPM tanggal 11 Maret 2014. PT. ATMi didirikan berdasarkan akta Notaris Mala Mukti S.H., LL. M tanggal 26 Mei 2014 dan mendapat pengesahan dari Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 10 Juni 2014. PT. ATMi mendapatkan izin usaha dari BKPM tanggal 12 September 2014 melaui Surat Izin Usaha Industri Nomor 1321/1/IU/PMA/2014.  Pada tanggal 5 Agustus 2015, PT. ATMi melakukan pemasangan ATM perdananya. Hingga akhir Desember 2018, 100 unit ATM milik PT. ATMi telah terpasang di berbagai lokasi yang tersebar di area JABODETABEK.

Pendahuluan

Informasi yang diperoleh dari theglobaleconomy.com yang bersumber dari data Bank Dunia menunjukkan bahwa jumlah ATM di Indonesia masih sangat kecil. Jumlah ATM di Indonesia bahkan lebih kecil dibandingkan sebagian negara lain di Asia Tenggara, seperti Singapura dan Thailand. Berikut adalah tabel jumlah ATM per 100.000 orang dewasa di beberapa negara di dunia:

(Sumber: theglobaleconomy.com, dari data Bank Dunia)

Selain itu, hampir 100% ATM yang saat ini terpasang dimiliki dan dioperasikan oleh Bank. Laporan RBR tahun 2018 menyebutkan 99,8% ATM di Indonesia dimiliki oleh bank dan hanya 0,2% sisanya dimiliki oleh non-bank. Dari total 106.653 unit ATM yang terpasang pada tahun 2017, sekitar 73%-nya dikuasai oleh 4 bank besar, yaitu BRI, BNI, Mandiri, dan BCA. Berikut adalah diagram perbandingan jumlah ATM beberapa bank yang ada di Indonesia:

(Data diolah dari Laporan RBR 2018: Global ATM Market & Forecasts to 2023)

Setiap bank mempunyai “angka transaksi minimum” dalam memasang ATM di suatu lokasi. “Angka transaksi minimum” ini akan dibandingkan dengan kemungkinan jumlah transaksi yang akan terjadi di ATM tersebut. Bank tidak akan memasang ATM di lokasi yang kemungkinan jumlah transaksinya lebih kecil daripada “angka transaksi minimum” tersebut. Kondisi inilah yang mengakibatkan sebagian besar ATM dipasang di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang dan Makasar. Lokasi ATM pun umumnya ada di pusat-pusat perbelanjaan maupun pusat-pusat keramaian. Oleh karenanya, seringkali kita menemukan ada lebih dari 10 ATM, baik dari satu Bank ataupun dari Bank yang berbeda di tempat-tempat tersebut.

Fakta-fakta di atas, yang melatarbelakangi PT. ATMi untuk mengembangkan bisnis ATM (ATM Acquiring Business) di Indonesia. Sebenarnya, bisnis ATM ini sudah berkembang mulai dari Amerika Serikat sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Di Amerika Serikat, saat ini ada sekitar 500.000 ATM yang mana sekitar 54,2% -nya dimiliki oleh non-bank. Bisnis ATM ini sudah berkembang juga di Eropa, Australia, Jepang dan beberapa negara lain. Di negara-negara tersebut, ATM bukan hanya milik bank tetapi juga non-bank. 

Nama Perusahaan
PT. Abadi Tambah Mulia Internasional

Alamat Perusahaan
Bellezza Office Tower, GP Tower Lantai 16, Unit 1 & 2, Jl. Arteri Permata Hijau, RT.4/RW.2, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12210
Telp +62-21-80629912

Didirikan
10 Juni 2014

Bisnis
Bisnis ATM (ATM Acquiring Business)

Pemegang Saham
Seven Bank Ltd, Jepang (mayoritas saham)
PT. ALTO Network, Indonesia

Informasi Lebih Lanjut

 
Share This